Rabu, 20 Maret 2013

“Dari SAHID, oleh SAHID, untuk SAHID”


Kalau ada pertanyaan, Apakah saya bangga dengan Almamater SAHID ??? sudah pasti jawabannya  “Sangat Bangga”

Bagaimana tidak, sudah hampir 19 tahun, “SAHID” telah menjadi bagian dalam hidup saya, mulai dari tempat memperoleh pendidikan, ilmu, pengalaman, pekerjaan hingga jodoh…singkat kata “Dari SAHID, oleh SAHID, untuk SAHID”

Rasanya banyak sekali cerita-cerita menarik yang patut diceritakan mengenai STP Sahid (d/h APP Sahid). Sejak mulai Diploma III (1994-1997), S-1 (1999-2002), S-2 (2004-2006) hingga melanjutkan ke jenjang S-3 saat ini, semua berkat STP Sahid.

Pendidikan SD,SMP,SMA, saya tempuh dikota kelahiran, Palembang. Tidak ada yang istimewa dari prestasi belajar saya, namun sejak SD kesenangan untuk beraktifitas dalam organisasi cukup besar, mulai dari ketua kelas, ketua OSIS (SMP,SMA) bahkan sempat menjadi ketua Senat (APP Sahid 95/96).

Selepas SMA, pulau Jawa menjadi tujuan utama untuk memperoleh ilmu dan pengalaman. Latar belakang orang tua yang PNS membuat saya tertarik untuk mencari sekolah-sekolah yang langsung bisa jadi PNS, salah satunya adalah STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) di Bandung, Kota inilah yang pertama kali saya jajaki untuk pendidikan di Pulau Jawa. namun setelah melihat system pendidikan di STPDN, saya memutuskan untuk mundur. Dikota Bandung pula saya baru mengenal pariwisata, dan mengetahui adanya Sekolah Pariwisata yang mengutamakan kedisiplinan namun dengan keramahan. Saat bertandang kerumah salah seorang family di Bogor, saya di sarankan untuk berkuliah di Jakarta saja, karena ada juga Akademi Pariwisata yang memiliki hotel besar, ya… Akademi Perhotelan & Pariwisata (APP) Sahid, keinginan kuat untuk berkuliah di APP Sahid lebih yakin lagi setelah diajak mengunjungi Hotel Sahid Jaya, Itu adalah pertama kali saya menginjakkan kaki di hotel bintang 5.

Masih ingat saya, saat menyampaikan kabar ke keluarga di Palembang, kalau saya sudah kuliah di Perhotelan, semua orang menentang keputusan saya, bahkan nenek saya sempat berucap “Kamu mau masuk neraka??, hotel itu kan tempat maksiat!!! (maklum saat itu stereotype tentang dunia perhotelan masih dianggap jelek, dan keluarga masih sangat agamais). Apalagi saat ditanya “Belajar apa saja??” buat mereka, sesuatu yang tidak masuk akal, kuliah mahal-mahal hanya untuk belajar mencuci piring (stewarding), memasak (kitchen) membersihkan kamar+WC (Housekeeping) atau mencuci pakaian (Laundry & Dry Cleaning). Hanya ibu yang tetap mendorong saya untuk terus kuliah di perhotelan, pesan singkat beliau “Jadilah yang terbaik dimanapun kau berada”

Tahun pertama kuliah di APP Sahid, KRL Bogor-Jakarta menjadi transportasi harian, saat berkuliah di kampus Soepomo-Pancoran, Ditahun kedua (awal-awal tahun 1995) kampus Pondok Cabe mulai beroperasi, mahasiswa yang berminat untuk pindah kampus diberikan potongan biaya kuliah. kesempatan ini langsung saya ambil, apalagi biaya kost di daerah Pondok cabe saat itu masih Rp 50.000an/bulan, dibandingkan daerah pancoran yang sudah mencapai Rp 150.000/bulan

Kuliah di kampus Pondok Cabe, cukup nyaman, jauh dari macet, polusi. Kampus yang hijau ini juga memiliki pohon buah-buahan, apalagi jika saat musim rambutan tiba, bisa makan buah rambutan sepuasnya… belum termasuk buah durian dan Jambu air yang juga tumbuh disekitar halaman kampus. Akhir 1995 seluruh kegiatan perkuliahan APP Sahid dipindahkan ke Pondok Cabe, di tahun kedua ini saya terpilih sebagai ketua SENAT (Sekarang BEM).Tugas pertamanya adalah mengadakan OSPEK (Saat itu PSDP) bagi mahasiswa baru, banyak pengalaman menarik selama kegiatan tersebut, terutama saat menangani « kesurupan massal » cama-cami… dan juga ehmm disitulah saya menemukan mantan pacar (sekarang menjadi  istri saya).

Ditahun ketiga, saat itu APP sahid baru mengadakan program yang sangat prestisius (saat itu) yaitu mengirimkan mahasiswanya untuk training ke Singapore. Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti gelombang ke 2, bersama 3 orang lainnya, kami mengikuti training selama 6 bulan di Hotel Meritus Mandarin.  Sekembalinya dari training di Singapore, pihak kampus memilih 5 orang mahasiswa untuk menjadi Assisten Dosen beberapa mata kuliah, salah satunya saya untuk membantu mata kuliah Laundry and Dry Cleaning. Inilah titik awal kecintaan saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman (Sebagai Dosen) kepada para junior.

Setamat dari APP Sahid, Kuliah sambil bekerja sebagai dosen saya jalani, hingga menyelesaikan S1 dan S2 yang semuanya di Univ Sahid. Berbekal ilmu dan pengalaman yang saya peroleh selama kuliah di APP Sahid saya dapat dengan mudah  bekerja di kapal pesiar Norwegian Cruise Line (1999-2001) dan P & O Australia (2004-2005).

Sepulang dari Industri kapal pesiar, saya kembali mengabdikan diri sebagai dosen di STP Sahid, dengan tugas tambahan sebagai Ka. Humas, yang banyak memberi kesempatan kepada saya untuk memperkenalkan STP Sahid, bukan hanya dalam lingkungan Nasional, namun juga Internasional, Alhamdulillah kini STP Sahid menjadi satu-satunya Sekolah Tinggi Pariwisata yang menjadi provider program DARMASISWA (Internasional Student Exchange) dan juga satu-satunya PTS yang memiliki program Double Degree dengan salah satu Universitas Negeri ternama di Perancis (Université d’Angers)

Selama menjadi dosen di STP Sahid saya juga memperoleh banyak kesempatan untuk berkeliling daerah di Indonesia dan Juga luar Negeri, termasuk kesempatan belajar di Université d’Angers – France

Kini Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid di usianya yang ke 30 ini, menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pariwisata yang TERDEPAN, sejajar dengan peguruan-perguruan tinggi lainnya bahkan dengan PTN sekalipun.

Saya sangat bangga dengan almamater STP Sahid, karena para lulusannya di kenal luas di seluruh pelosok Indonesia, bahkan di berbagai penjuru dunia, khususnya di dunia Perhotelan dan Pariwisata….. Jayalah Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid!!!!!

 

2 komentar:

  1. KOST BELL TIME ,
    DEKAT SEAMOLEC & UNIVERSITAS TERBUKA PONDOK CABE
    Mingguan /bulanan
    Nyaman & Bersih

    Alamat lokasi :
    Jl merica No 65 Pondok Cabe samping Universitas Terbuka hub 081296005646/081319058071/085966358780


    Kosan terdiri dari 12 bangunan kamar paviliun AC dan Non AC luas 18 M2 setiap kamar , setiap bangunan di lengkapi :
    - Teras depan ,
    - Spring bed 2 unit merk terbaik ( 2 tempat tidur ) ,
    - lemari pakaian, meja ,kursi
    - kipas angin (untuk non ac )
    - Closed duduk merk toto
    - Dapur bersih,
    - tempat memasak ,
    - Kamar mandi dalam dilengkapi dengan Eksos fan & Shower
    - Taman' & tempat menjemur pakaian
    - Lahan parkir cukup luas dapat menampung 10 mobil. Dilengkapi pintu gerbang.

    Lingkungan sangat nyaman dan dekat dengan :
    - Gyms centre '
    - Kolam renang ' Track joging
    - Perkantoran , Bank , Pasar Modern , Mc Donal , KFC
    - Sekolah International , Kampus , Lap golf , Supermarket , dll
    - Angkutan umum 24 jam.

    BalasHapus